Apa itu Kartu Kredit
Image Source : pexels.com

Kartu kredit – Apa itu kartu kredit?

Sederhananya, kartu kredit merupakan sepotong kecil plastik yang bisa dengan mudah masuk ke dompet Anda. Yah, itu bukan “plastik sederhana”. Ini merupakan potongan plastik yang sangat kuat dan dapat dianggap sebagai uang terkompresi. Kartu kredit dapat didefinisikan sebagai sistem kredit yang memungkinkan konsumen untuk meminjam uang di tempat dari bank atau lembaga keuangan dan menggunakannya untuk membayar pedagang.

Untuk memperoleh sebuah kartu kredit, sebenarnya konsumen diharuskan mengisi aplikasi, seperti perjanjian antara penyedia kartu kredit dengan konsumen kartu kredit. Vendor kartu kredit menyetujui aplikasi dan memberikan konsumen sepotong kecil plastik (yaitu kartu kredit). Plastik (atau kartu kredit) ini berisi informasi keamanan yang dikodekan secara elektronik dalam bentuk strip magnetik (biasanya di bagian belakang kartu kredit Anda). Informasi ini digunakan dengan tujuan untuk mengotorisasi pembayaran setiap kali konsumen menggunakan kartu kredit. Konsumen dapat menggunakan kartu kredit belanja mereka di gerai ritel atau di Internet. Tentu saja, ini tergantung daripada kemampuan merchant untuk menerima pembayaran kartu kredit. Namun, menerima kartu kredit saja tidak cukup. Merchant harus dapat menerima pembayaran gaji melalui kartu kredit yang disediakan oleh perusahaan kartu kredit (mereka memegang kartu kredit), seperti VISA, MasterCard, dll. Anda dapat menarik uang tunai dari ATM (mesin ATM otomatis) menggunakan kartu kredit Anda. – Disebut juga mesin cache atau mesin siang/malam.

Ada delapan perusahaan kartu kredit besar, kebanyakan dari mereka beroperasi di banyak negara di seluruh dunia. Ini adalah American Express, Citi, Diners Club, Discover, JCB, MasterCard, VISA. Mastercard dan VISA mungkin yang paling populer. Jika demikian, ada penyedia atau penerbit kartu kredit yang bekerja dengan organisasi ini dan menerbitkan kartu kredit atas nama mereka. Ada berbagai macam bank yang menerbitkan kartu VISA (kartu VISA HSBC, dll.)

Anda mungkin perlu menggesek kartu kredit Anda untuk membayar menggunakan kartu kredit Anda ke dalam sistem pemrosesan kartu kredit khusus (jika Anda berbelanja di dalam toko), atau Anda mungkin perlu memasukkan informasi kartu kredit Anda ke situs web penjual (jika Anda berbelanja online) . ). Vendor kartu kredit mengirimkan tagihan atas transaksi tersebut kepada konsumen. Konsumen harus membayar jumlah penuh atau sebagian (minimum). Jika Anda membayar penuh, penyedia kartu kredit Anda tidak akan membebankan bunga atas jumlah hutang Anda. Jika tidak, bunga yang telah disepakati sebelumnya akan dikenakan. Kegagalan untuk membayar minimum dapat mengakibatkan biaya keterlambatan. Selain itu, vendor kartu kredit biasanya membatasi jumlah maksimum penggunaan kartu kredit Anda dalam sebulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *